"Pekerjaan besar tidak bisa diselesaikan dengan kekuatan, tetapi dengan kegigihan"

BKN X: SAMBUTAN KEPALA BKN PADA UPACARA MEMPERINGATI HUT KEMERDEKAAN RI KE-65

Monday, August 16, 2010

SAMBUTAN KEPALA BKN PADA UPACARA MEMPERINGATI HUT KEMERDEKAAN RI KE-65

Bismillahirrahmanirrahim
Assalamualaikum Wr.Wb.
Salam sejahtera bagi kita semua, dan Selamat Pagi

Pertama-tama marilah kita memanjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, Allah swt, karena atas rahmat dan karunia-Nya, pada pagi hari ini kita dalam keadaan sehat wal'afiat, sehingga dapat bersama-sama melaksanakan upacara bendera memperingati Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan ke-65 Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 2010.
Peristiwa besar dan bersejarah 65 tahun yang lalu, seperti yang telah ditunjukkan oleh para pemimpin bangsa bersama seluruh lapisan masyarakat, mendeklarasikan kepada dunia bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa berdaulat, yang berhak menetukan nasibnya sendiridan telah terbebas dari belenggu penjajahan asing sesuai dengan amanat pembukaan UUD 1945.

Momentum peringatan hari kemerdekaan selayaknya dijadikan saat untuk menggugah kembali semangat baru patriotisme bangsa Indonesia. Inilah kesempatan bagi kita untuk meraih kembali hikmah proklamasi yang membebaskan, menggairahkan, menyegarkan, dan memperbarui semangat kita, dalam mengemban tugas negara.

Tema peringatan Hari Ulang Tahun Proklamasi ke-65 Republik Indonesia Tahun 2010 ini adalah sebagai berikut :

"DENGAN SEMANGAT PROKLAMASI 17 AGUSTUS 1945, KITA SUKSESKAN REFORMASI GELOMBANG KEDUA UNTUK TERWUJUDNYA KEHIDUPUN BERBANGSA YANG SEMAKIN SEJAHTERA, MAKIN DEMOKRATIS DAN MAKIN BERKEADILAN"

Dari tema ini kita coba kaitkan dengan tugas pokok dan fungsi organisasi BKN, yaitu sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 43 Tahun 1999, bahwa PNS harus hidup layak, profesional dan sejahtera. Namun kita merasakan bahwa saat ini keaadannya masih jauh dari kenyataan, oleh karenanya saya menetapkan langkah-langkah strategis yang harus diprioritasakan, yaitu :

1. REKRUITMEN PEGAWAI, harus transparan, obyektif sesuai dengan kompetensi dan analisis kebutuhan, sehingga dapat mengatasi mismatch yang menjadi masalah utama kita saat ini.
2. PROFESIONALITAS, PNS harus bangga dengan tugasnya, mampu melaksanakan pekerjaannya dengan baik, dan punya komitmen.
3. MANAJEMEN INFORMATION SYSTEM. Akurasi data PNS menjadi kunci dalam perencanaan di bidang kepegawaian, sistem kepegawaian yang terintegrasi dengan para tockholders, transparan, efisien dan efektif serta akuntabel.

Pada saat ini BKN sudah selesai membangun SISTEM APLIKASI PELAYANAN KEPEGAWAIAN (SAPK), yang dapat digunakan secara on-line oleh para BKD dan seluruh mitra kerja BKN untuk pelayanan kepegawaian seperti informasi PNS, Kenaikan PAngkat, Pensiun, Penetapan NIP, dan Mutasi lainnya, yang pada gilirannya tentu akanmeningkatkan akurasi data PNS yang berdampak terhadap clean government dan good-governance. OLeh karena itu BKN sedang gencar-gencarnya mensosialisasikan SAPK ini ke Instansi-instansi baik Pusat maupun Daerah, karena pelayanan kepegawaian berbasis teknologi informasi ini adalah salah satu persyaratan yang merupakan quick win reformasi birokrasi.
Dengan SAPK pengelola kepegawaian sudah bisa melakukan updating data secara langsung ke database PNS yang ada di BKN sehingga apa yang kita harapkan untuk mewujudkan database ONS yang akurat segera dapat terwujud.
4. PENINGKATAN PELAYANAN. TEPAT WAKTU, BEBAS KKN, SESUAI DENGAN HAKNYA PNS DAN ATURAN YANG BERLAKU.

Demikian cuplikan dari sambutan Kepala BKN pada Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-65 tanggal 17 Agustus 2010

No comments:

Post a Comment

 
***Pertanyaan mengenai masalah Kepegawaian silahkan langsung hubungi c/p kami pada kolom YM di sebelah kanan halaman utama blog ini***