"Pekerjaan besar tidak bisa diselesaikan dengan kekuatan, tetapi dengan kegigihan"

BKN X: BKN Laksanakan Seleksi Calon Pejabat Eselon III dan IV di Kanreg X BKN Denpasar

Thursday, September 18, 2014

BKN Laksanakan Seleksi Calon Pejabat Eselon III dan IV di Kanreg X BKN Denpasar


Jika Jokowi punya istilah Lelang Jabatan dalam menjaring calon pejabat di DKI Jakarta, maka BKN jauh sebelum itu sudah melakukan penilaian kompetensi bagi pegawai yang akan dipromosikan dalam suatu jabatan struktural maupun fungsional tertentu. 

Denpasar, Kamis (18/9/2014). Dalam rangka pengembangan dan pembinaan karier Pegawai Negeri Sipil khususnya di lingkungan Badan Kepegawaian Negara, Biro Kepegawaian BKN Pusat bekerja sama dengan Kantor Regional X BKN Denpasar melaksanakan seleksi calon pejabat eselon III dan IV. Kepala Kantor Regional X BKN, Drs. Made Ardita, M.Si dalam arahannya sesaat sebelum tes berlangsung mengingatkan peserta untuk mengikuti proses seleksi dengan baik. Mantan Kapusdiklat BKN ini juga menyemangati peserta untuk tidak terlalu risau dalam mengikuti tes sehingga kompetensi peserta benar-benar dapat terpotret secara optimal. “Hilangkanlah Rasa khawatir dan cemas yang berlebihan, bangunlah perasaan yang menyenangkan dalam pelaksanaan tes kali ini” pesannya.  

Kepala Kantor Regional X BKN Denpasar Drs. Made Ardita, M.Si memberikan pengarahan kepada peserta seleksi calon pejabat eselon III dan IV sebelum memulai tes dengan CAT
Untuk tes seleksi kali ini, tim penilai dari BKN Pusat terdiri dari empat orang yaitu: Dr. Muhlis Irfan, S.IP, M.Si (Kabag Pengembangan Pegawai), Joko Warsito, S.Kom (Kasubdit Penyelenggaraan Penilaian Kompetensi), Jules R.M. Sibarani, M.Si (Assesor muda) dan Novi Rinawati, SS (Pengelola Bank Soal).  Sementara peserta terdiri dari 6 pegawai calon pejabat eselon III dan 7 pegawai calon pejabat eselon IV. Tes sendiri berlangsung mulai pukul 09.00 Wita yang diawali dengan tes CAT.

Peserta seleksi calon pejabat eselon III dan IV sedang mengikuti tes CAT
di CAT Station Kanreg X BKN Denpasar
Selain mengikuti tes CAT, peserta juga diwajibkan mengikuti serangkaian tes yang diselenggarakan oleh assessment center yaitu; tes psikometri, tes persentasi makalah dan wawancara. Disela-sela pelaksanaan seleksi, Jules R.M Sibarani menjelaskan bahwa proses penilaian kompetensi ini menggunakan metode-metode dengan unsur objektifitas yang tinggi dan sudah teruji secara validitas  maupun realibilitas, sehingga nantinya diperoleh gambaran kompetensi yang objektif dari peserta seleksi.

Peserta seleksi calon pejabat eselon III dan IV sedang mengikuti tes psikometri
Seleksi ini direncanakan dilaksanakan dalam 2 hari. Dari pelaksanaan seleksi kali ini diharapkan diperoleh calon-calon pejabat yang memiliki kompetensi yang sesuai yang nantinya bisa mengemban tugas dan tanggung jawab jabatan. (Boent)

No comments:

Post a Comment

 
***Pertanyaan mengenai masalah Kepegawaian silahkan langsung hubungi c/p kami pada kolom YM di sebelah kanan halaman utama blog ini***